Stir mobil berat adalah salah satu masalah yang paling terasa dan sangat mengganggu kenyamanan serta keselamatan berkendara. Yang tadinya ringan dan mudah dikendalikan, tiba-tiba terasa kaku, alot, dan membutuhkan tenaga ekstra untuk berbelok. Kondisi ini tentu tidak hanya membuat lelah saat bermanuver di parkiran atau lalu lintas padat, tetapi juga sangat berbahaya saat harus melakukan manuver cepat di jalan.
Penyebab dari stir yang berat bisa sangat beragam, tergantung pada jenis sistem power steering yang digunakan mobil Anda. Penting untuk mengetahui sumber masalahnya agar penanganannya tepat sasaran. Artikel ini akan menjadi panduan lengkap Anda, membahas tuntas 7 penyebab paling umum dari masalah ini, baik untuk sistem hidrolik maupun elektrik.
Kenali Dulu Jenis Power Steering Mobil Anda: Hidrolik atau Elektrik?
Sebelum mendiagnosa, langkah pertama adalah mengenali sistem yang mobil Anda gunakan. Caranya sangat mudah:
- Power Steering Hidrolik (HPS): Buka kap mesin. Cari sebuah tabung reservoir (biasanya berwarna putih atau kuning) dengan tutup bertuliskan “Power Steering Fluid”. Jika ada, mobil Anda menggunakan sistem hidrolik yang ditenagai oleh oli.
- Electric Power Steering (EPS): Jika Anda tidak menemukan tabung reservoir tersebut, kemungkinan besar mobil Anda sudah menggunakan sistem EPS yang ditenagai oleh motor listrik.
Keduanya memiliki penyebab masalah yang sama sekali berbeda.
Penyebab Stir Mobil Berat pada Sistem Power Steering Hidrolik (HPS)
Jika mobil Anda menggunakan HPS, berikut adalah 5 “tersangka” utamanya:
1. Oli Power Steering Kurang atau Bocor
Ini adalah penyebab paling umum. Oli adalah “darah” bagi sistem HPS. Jika volumenya kurang, tekanan hidrolik akan menurun dan pompa akan bekerja lebih berat. Seringkali, kurangnya oli disebabkan oleh adanya kebocoran pada seal-seal atau selang. Gejala lain yang sering menyertai adalah munculnya suara mendengung (“nging”) saat setir dibelokkan.
2. Kualitas Oli Power Steering Sudah Buruk
Oli power steering juga memiliki usia pakai. Seiring waktu, oli akan jenuh dengan kotoran dan kehilangan kemampuan melumasinya. Oli yang sudah jelek (biasanya berwarna hitam pekat dan encer) tidak akan mampu menghasilkan tekanan hidrolik yang cukup, membuat stir terasa berat.
3. V-Belt Kendor atau Putus
Pompa power steering diputar oleh mesin melalui sebuah V-belt (sabuk karet). Jika V-belt ini kendor, slip, atau bahkan putus, maka pompa tidak akan berputar. Akibatnya, sistem hidrolik akan mati total dan stir menjadi sangat berat, seperti mobil tanpa power steering.
4. Pompa Power Steering Mulai Lemah atau Rusak
Pompa adalah jantung dari sistem HPS. Seiring usia, komponen internal pompa bisa aus dan kemampuannya untuk menghasilkan tekanan tinggi akan menurun. Gejalanya adalah stir yang terasa berat terutama saat mobil berjalan pelan atau saat parkir, namun sedikit lebih ringan saat RPM mesin tinggi.
5. Kerusakan pada Rack Steer (Steering Rack)
Ini adalah masalah yang lebih serius. Rack steer adalah komponen mekanis yang menggerakkan roda. Kerusakan pada rack steer hidrolik biasanya berupa kebocoran parah pada seal internalnya atau keausan pada gigi-gigi di dalamnya. Selain berat, biasanya disertai dengan gejala oblak atau bunyi “kletak-kletak”.
Penyebab Stir Mobil Berat pada Electric Power Steering (EPS)
Jika mobil Anda menggunakan EPS, masalahnya hampir selalu berhubungan dengan kelistrikan.
1. Masalah pada Motor Elektrik EPS
Motor listrik adalah sumber tenaga utama pada sistem EPS. Seiring waktu, motor ini bisa melemah, sikat arangnya (brush) habis, atau bahkan terbakar. Jika motor ini rusak, sistem EPS akan mati dan lampu indikator EPS (biasanya gambar setir dengan tanda seru) akan menyala di dasbor.
2. Aki (Accu) atau Sistem Pengisian yang Lemah
Ini sering terlewatkan. Sistem EPS sangat haus listrik. Jika aki mobil Anda sudah soak atau alternator (dinamo ampere) gagal mengisi daya dengan baik, suplai listrik ke motor EPS akan berkurang. Akibatnya, bantuan tenaga pada stir akan menurun drastis atau bahkan mati total.
Problem Anda, Solusi Profesional dari Kami!
Anda mengalami gejala stir mobil berat dan sadar bahwa penyebabnya bisa sangat beragam, dari yang sepele hingga yang sangat kompleks? Anda butuh diagnosa yang akurat agar tidak salah penanganan?
Jangan biarkan masalah stir mengganggu keselamatan berkendara Anda. Serahkan diagnosa dan perbaikannya pada bengkel umum tepercaya yang memiliki mekanik berpengalaman dalam menangani sistem HPS maupun EPS.
Untuk semua kebutuhan servis kaki-kaki dan sistem kemudi, Sejuk AC Muchtar Raya adalah bengkel andalan Anda di Jakarta Barat.
Solusi Profesional untuk Masalah Stir di Sejuk AC Muchtar Raya

Sebagai bengkel umum yang didukung oleh pengalaman Sejuk AC selama lebih dari 22 tahun, cabang kami di Jalan Muchtar Raya, Jakarta Barat, sangat kompeten dalam menangani berbagai masalah mekanis, termasuk sistem power steering.
Jangan Ambil Risiko, Jadwalkan Pengecekan Stir Anda!
Kembalikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Dapatkan kemudahan penjadwalan, prioritas layanan, dan penawaran terbaik dengan melakukan booking online di bengkel kami!
BOOKING SERVIS STIR ANDA SEKARANG!
Tim mekanik kami akan melakukan diagnosa akurat. Keahlian mereka telah teruji dan bersertifikasi resmi dari BNSP serta Denso, sehingga standar pengerjaan dan kualitas suku cadang yang kami gunakan selalu terjaga di level tertinggi. Jika Anda mencari bengkel mobil terdekat, kami adalah jawabannya. Sebagai salah satu bengkel mobil Jakarta yang menjadi rujukan, kami berkomitmen untuk menjadi bengkel terbaik di Jakarta. Percayakan kendaraan Anda pada bengkel mobil bergaransi yang mekaniknya bersertifikasi.